Buah Semangka


Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

manfaat semangka untuk kesehatan:
# Manfaat kesehatan dari semangka yang benar-benar mengagumkan. semangka merupakan sumber dari beberapa antioksidan yang paling penting yang ditemukan di alam.
# Sumber vitamin C dan juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, terutama melalui konsentrasi beta-karoten.
# Semangka mengandung senyawa antioksidan karoten kuat yang lebih unggul dari vitamin C dan E namanya Likopen.
# segar lainnya.
# Semangka adalah buah yang kaya elektrolit natrium dan kalium, cocok untuk mengganti cairan tubuh yang biasanya kita kehilangan zat ini ketika berkeringat.
# Semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Ahli makanan merekomendasikan semangka sebagai sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, sumber vitamin B1 dan magnesium. Karena kadar air yang lebih tinggi sekitar sembilan puluh persen dan nilai kalor berada di peringkat lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya.
# Semangka memiliki efek pendinginan khusus dan ini sangat tinggi di citrulline, asam amino yang tubuh kita gunakan untuk membuat asam lain arginin, amino, yang digunakan dalam siklus urea untuk menghilangkan amonia dari tubuh.
# Antioksidan membantu mengurangi keparahan asma. Hal ini juga mengurangi resiko kanker usus besar, asma, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kanker prostat.
# Semangka merupakan sumber yang baik thiamin, kalium dan magnesium yang melindungi tubuh kita dari penyakit begitu banyak.
# Semangka bebas dari lemak tetapi mampu membantu produksi energi. Ini melindungi terhadap degenerasi makula.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Semangka
                http://bakulatz.wordpress.com/2011/11/22/manfaat-buah-semangka/

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Tina - Tinu Buah Dan Manfaat © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes