Buah Sawo

 
Sawo manila (Manilkara zapota) adalah pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sawo (Ind., Jw.), sauh atau sauh manila, atau ciku (Mly.).

Nama-namanya dalam berbagai bahasa: chico (Filipina), ciku (Malaysia), chikoo atau sapota (India), sofeda (Bangladesh), xa po che atau hong xiem (Vietnam), rata-mi (Sri Lanka), lamoot  di Thailand, Laos dan Kamboja, níspero (Venezuela), sugardilly (Kep. Bahama), naseberry (Hindia Barat), sapote (Nicaragua), sapoti (Brasil), sapotillier (bahasa Perancis) dan sapodilla (bahasa Inggris).

Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Buah ini merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Di lain pihak, sawo juga memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Selain kaya kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya.
Kandungan mineral lainnya per 100 gram buah sawo adalah: kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6 mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).

Buah Sawo mengandungan vitamin C. konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Vitamin lain yang juga terkandung pada buah sawo adalah: riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan.

Manfaat dalam buah sawo

1. Sawo banyak mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C (24,5% dari asupan harian yang dianjurkan per 100 g buah) dan vitamin A. Vitamin A penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.

2. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik sehingga bisa membantu mengatasi sembelit. Seratnya juga membantu melindungi selaput lendir usus besar kita dari racun penyebab kanker.

3. Adapun efek antiinflamasi sawo manila bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti gangguan gastritis dan usus.

4. Buah sawo manila yang telah matang mengandung mineral seperti tembaga, besi, kalium, serta vitamin A dan C. Ada pula niacin, folat, dan sebagainya. Semua itu membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sawo_manila
                http://xamherbal.com/manfaat-buah-sawo/

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Tina - Tinu Buah Dan Manfaat © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes